Rumput Odot

Situs-Peternakan.Com – Rumput Odot merupakan jenis rumput tergolong baru di Indonesia yang digunakan sebagai pakan ternak kambing dan domba. Konon rumput ini masuk ke Indonesia dibawa oleh salah seorang TKI asal tulung agung yang dibawanya dari Kanada. Coba ditanamnya melalui media pot dan selang beberapa hari setelah bersemai baru dipindahkan ke kebun. Setelah cukup berumur dipanen dan diberikan kepada kambing PE ras Kaligesing dan ternyata kambing sangat menyukai rumput tersebut.

Berdasarkan beberapa sumber rumput odot berasal dari Amerika dengan nama latin Pennisetum purpureum cv. Mott yang masih satu jenis dengan rumput gajah namun tumbuh pendek.

Ciri-Ciri Rumput Odot
  • Berasal dari bibit unggul
  • Tumbuh berumpun dan bertunas atau rhizoma
  • Perakaran kuat dan dalam
  • Daun dan batang halus dan tidak berbulu
  • Batang terasa lunak
Dilansir dari situs antaranews.com (25 Januari 2014), IPB ikut serta dalam pengembangan rumput odot di lahan non produktif yang melibatkan petani setempat. Ini mengindikasikan bahwa rumput odot memiliki prospek yang cukup cerah untuk dapat digunakan sebagai sumber hijauan pakan ternak.
gambar rumput odot
ternakkambingmodern.blogspot.com













Untuk tabel kandungan nutrisi rumput odot belum dapat kami sajikan sebab belum banyak informasi yang dapat kami himpun, namun ke depan akan diupdate lagi jika sudah ditemukan literaturnya. Baca juga Rumput Benggala

Show Comments

Popular Post