Penyakit Pada Unggas – Marek (Leukosis Akuta)

Situs-Peternakan.ComPenyakit Marek atau Leukosis Akuta merupakan penyakit menular yang sering menyerang ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes. Virus ini berasal dari anggota genus Mardivirus dalam subfamily Alphaherpesvirinae. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan virus MDV atau Gallid herpesvirus 2 (GaHV-2).

Penyakit marek sering menyerang ayam khususnya anak ayam atau DOC umur 3-4 minggu dan saat menginjak usia 8 minggu ke atas paling rawang terserang. Hal ini disebabkan penyakit yang sifatnya mudah menular melalui kontak langsung dengan ayam penderita. Angka kemitiannya berkisar 60 %, bahkan bisa mencapai 100%, biasanya terjadi pada ayam yang telah berusia 10 minggu.

Gejala Kelumpuhan pada Kaki Ayam (Penyakit Marek)
Berdasarkan gejala atau tanda-tandanya, penyakit ini dibedakan menjadi 4, yaitu :
  • Cutaneous (gejala pada kulit)  : bulu terlihat tidak rapi (acak-acakan) dan bila dipegang terasa kasar
  • Neural (gejala pada saraf) : Memyebabkan kelumpuhan pada sistem syaraf biasanya kelumpuhan pada sayap dan kaki
  • Ocular (gejala pada mata): menyebabkan kebutaan mata, dan iris mata terlihat berwarna kelabu
  • Visceral (gejala pada organ dalam): Menyebabkan tumor pada organ internal seperti jantung, hati, paru-paru, dan ovarium
Pengobatan dan Pencegahan

Penyakit marek tidak dapat disembuhkan, yang bisa dilakukan hanyalah melakukan pencegahan sejak dini dengan pemberian vaksinasi terhadap anak ayam yang baru menetas dengan vaksin Cryomarek HVT. Ayam yang telah terserang lebih baik segera dimusnahkan atau segera dipindahkan ke kandang karantina.

Show Comments

Popular Post