Ciri-Ciri Ayam Kedu dan Jenisnya

Situs-Peternakan.Com - Ayam Kedu merupakan ayam lokal (ayam buras) yang berasal dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Penyebarannya meliputi daerah Karesidenan Kedu seperti Purworejo, Wonosobo, Magelang. Berdasarkan warnanya ayam Kedu terdiri dari 3 macam, yaitu ayam Kedu Hitam (termasuk  Cemani), ayam Kedu Putih, dan Ayam Kedu Lurik. Menurut Balitnak (2004) ada 5 jenis ayam Kedu, yaitu ayam Kedu Hitam, ayam Kedu Putih, ayam Kedu Coklat, ayam Kedu Kelabu, dan Ayam Kedu Lurik. Namun kecenderungan yang sering ditemui adalah ayam Kedu Hitam.

Ayam Kedu Hitam sering disebut dengan ayam Cemani. Padahal keduanya memiliki perbedaan dalam sebaran warna bulunya walaupun sama-sama warna bulu hitam. Jika ayam Kedu Hitam sebaran warna bulu hanya pada bulunya saja, sedangkan pada ayam Cemani sebaran warna hitam menyebar keseluruh tubuh. Sehingga ayam Kedu hitam belum tentu ayam Cemani dan ayam Cemani belum tentu Ayam Kedu Hitam. Namun pada prinsipnya ayam Cemani dan ayam Kedu Hitam adalah sama. Hanya saja ayam Cemani belum ada informasi secara spesifik mengenai karakteristiknya.

Banyak versi yang menyatakan tentang asal usul ayam Kedu salah satunya adalah versi pak Tjokro yang menyebut ayam Kedu berasal dari hasil silangan antara ayam lokal, daerah Dieng, Jawa Tengah dengan ayam Dorking yang dibawa ole Rafles dan menghasilkan ayam Kedu berwarna hitam yang akhirnya berkembang hingga saat ini. Adapun adanya ayam Kedu selain warna hitam seperti putih, blorok, wido, abu, dan merah merupakan hasil seleksi antar berbagai ayam lokal yang memiliki warna bulu berbeda-beda yang menghasilkan ayam kedu yang menampilkan warna bulu lainnya.



Gambar By omkicau.com : Ayam Kedu Hitam

Ciri-Ciri Ayam Kedu Adalah : 
  • Warna bulu hitam menyelimuti seluruh tubuh 
  • Tubuh terlihat besar dan kompak 
  • Kulit berwarna putih sampai hitam 
  • Jengger dan Pial berwarna hitam kemerahan 
  • Mata berwarna hitam 
  • Paruh dan Kaki berwarna hitam 
  • Menghasilkan telur sekitar 25 butir per periode 
  • Berat telur sekitar 50 – 60 gram per butir 
  • Bobot dewasa baik jantan dan betina rata-rata berkisar 1,5 – 2 Kg

Sumber referensi artikel :

- http://w w w .temanggungk ab.go.id/potensi.php?mnid=84
- http://w w w .liv estock rev iew .com/2012/09/apa-dan-bagaimana-ay am-k edu-hitam/
Show Comments

Popular Post